Ujian Sertifikasi MTCNA Angkatan III
  • 05/03/2021
  • 607 kali penayangan

Mikrotik Academy - Sertifikasi MTCNA Angkatan III

 

25 Maret 2021, STKIP PGRI Sumatera Barat kembali melakukan Ujian Sertifikasi Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA) khususnya bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika. Ujian ini dapat diselenggarakan karena sebelumnya pada Mei 2019 STKIP PGRI Sumatera Barat resmi menjadi bagian dari Mikrotik Academy dan telah memiliki seorang Trainer Mikrotik.

Ujian ini dapat diikuti oleh semua Mahasiswa Aktif STKIP PGRI Sumatera Barat dengan persyaratan telah lulus dalam matakuliah ‘Jaringan Komputer Dasar’ dan ‘Jaringan Komputer Lanjutan’ serta telah mengikut pelatihan khusus sertifikasi MTCNA. Ujian Sertifikasi MTCNA ini dilakukan secara online dan terintegrasi dengan sistem beruba website yang dikelola langsung oleh vendor Mikrotik.

Kali ini, Ujian sertifikasi diikuti oleh 14 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika dengan pelaksanaanya dilakukan di Labor Komputer Informatika. Selama proses ujian berlansung peserta ujian didaftarkan dan diawasi oleh seorang Mikrotik Academy Trainer, Ami Anggraini Samudra, S.Pd.,M.Sc.,MTCNA.,MTCRE, yang juga merupakan Dosen Program Studi Pendikan Informatika STKIP PGRI Sumatera Barat

Setiap peserta ujian diberikan waktu selama 60 menit untuk menjawab 25 butir soal yang bersifat Objectif. Setelah ujian sertifikasi selesai dilaksanakan, bagi peserta yang lulus ujian (yang menjawab benar 60%) akan diberikan sertifikat kehlian MTCNA. Sertifikat keahlian ini tentunya sangat bermanfaat sekali bagi lulusan karena sertifikat keahlian dengan kata lain adalah sebuah pengakuan tertulis yang menyatakan seseorang ahli dalam bidang tertentu, dalam hal ini sertifikat keahlian MTCNA berarti seseorang diakui keahlian atau kompetensinya secara internasional dalam bidang ilmu Jaringan Komputer khususnya yang berhubungan dengan perangkat jaringan milik vendor MikroTik.

Kedepannya kegiatan ini akan terus dilaksanakan minimal dalam kurun waktu 6 bulan sekali agar setiap lulusan Program Studi Informatika selain membawa bekal Ijazah juga dibekali dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang diharapkan dapat membantu lulusan dalam memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Lebih lanjut, khusus untuk Program Studi Pendidikan Informatika selain dibekali dengan sertifikasi MTCNA lulusan juga dibekali dengan sertifikasi Microsoft Technology Associate (MTA) yang berarti diakui komptensinya dalam bidang Teknologi Informasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Back to Top